CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 30 November 2010

Perbedaan Alaskan Malamute dengan Siberian Husky

Perbedaan-perbedaannya

Alaskan malamute dan Siberian husky mempunyai banyak persamaan, tetapi mereka bukan ras yang sama.

Malamute biasanya memiliki berat 75 – 100 lbs. Sedangkan Siberian sekitar 50 lbs. Malamute memiliki berat badan yang berat sedangkan Siberian memiliki berat badan yang ringan. Untuk malamute, adalah gambaran dari Siberian yang lebih besar, pendek gemuk, lebih berotot. Otot mereka lebih berat, telinganya lebih pendek ke kepala dan tulangnya lebih besar. Semua hal ini tergantung apakah anda mencari malamute yang kecil atau Siberian yang besar.

Warna mata malamute adalah coklat. Hal ini penting karena tempat penjualan anjing mengacaukan surat AKC dan masyarakat. Mereka menipu surat secara diam-diam mengakui malamute yang bermata biru – padahal mereka bukanlah ras asli dari malamute. Warna mata dari Siberian dan coklat, atau biru, atau salah satu dari kedua warna tersebut atau terdapat kedua warna tersebut pada mata yang sama.

Kedua jenis ras ini dibiakkan untuk menarik kereta, tetapi dalam situasi yang berbeda dan oleh masyarakat yang berbeda. Siberian husky dibiakkan dalam kelompok yang besar, kecepatan yang stabil, berat yang stabil untuk menarik kereta oleh masyarat Chuckhi di Siberia Utara. Alaskan Malamute dibiakkan dalam kelompok yang lebih kecil, kecepatan yang lebih rendah dan menarik beban yang lebih berat oleh masyarakat Eskimo/Malamute di Alaska Utara. Kedua ras ini harus bertahan dalam kondisi yang tidak menyenangkan, maka mereka mengembangkan kepandaian yang kuat untuk menyesuaikan kondisi yang keras ini. Kepandaian ini bukan harus berarti kepatuhan. Suruhlah seekor anjing Golden Retriever untuk duduk maka dia akan melakukannya. Suruhlah seekor Alaskan Malamute atau Siberian Husky untuk duduk maka dia akan lari mengelilingi anda. Dia akan berseru woo-woo pada anda. Dia akan tidak memperdulikan anda. Dia akan melompat, melompati pagar, membawa kembali barang yang dilemparkan, melompat balik pagar dan membawanya ke anda.

Malamute lebih besar, pendek gemuk dan bebannya lebih besar ( banyak yang menyangkal kenyataan ini, tetapi seekor anjing dengan berat 78 – 85 lbs dapat membawa beban lebih berat daripada anjing yang hanya memiliki berat 50 lbs). Kedua anjing ini dapat menarik beban seharian, sebaliknya Siberian dapat menarik beban yang ringan secara cepat sedangkan malamute menarik beban berat secara tetap ( dan kedua ras ini dibiakkan dengan tujuan ini menurut pikiran manusia ).

Sejauh pemilik anjing mempunyai perhatian, Siberian secara umum lebih baik dalam situasi tertentu, karena malamute dapat menjadi lebih agresif terhadap malamute lainnya. Tetapi malamute secara umum lebih tenang, karena Siberian dapat menjadi hiperaktif. Siberian memiliki usia hidup yang lebih panjang dapat diharapkan daripada malamute. Keduanya dapat menggonggong. Meskipun berlawanan dengan mitos bahwa mereka tidak dapat menggonggong. Mereka juga howling, woo, melolong, ruff, mendengkur, mengerang, menggeram, menyanyi, serenade, merengek, memekik, moo dan yodel. Diam adalah bukan dari sifatnya. Suara yang indah mereka adalah salah satu karakter yang berbeda dan menyenangkan.

0 komentar: